Selasa, 15 November 2011

Buta Warna (Color Blind)

 Buta warna adalah penyakit mata, dimana retina tidak bisa merespon dengan baik rangsang berupa warna, hal ini terjadi karena sel kerucut pada retina mengalami degradasi fungsi., sehingga tidak bisa membentuk pigmen yang dibutuhkan untuk mata agar berfungsi secara normal. Akibatnya, para penderita tidak bisa membedakan warna dari suatu objek dengan tepat.... 
Buta warna merupakan penyakit menurun, penyakit ini dibawa oleh gen kromosom induk, terutama kromosom X karena kromosom Y tidak bisa membawa sifat buta warna kepada keturunannya.Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya. Tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tsb menderita buta warna.
             Buta warna dikelompokkan menjadi :
            
             1. Trikromasi
                 Buta warna jenis trikromasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel      kerucut. Buta warna trikromasi masih digolongkan atas:
  • Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah
  • Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau
  • Tritanomali yaitu kelemahan warna biru
Jenis buta warna inilah yang paling sering dialami dibandingkan jenit buta warna lainnya.

           2. Dikromasi
                Merupakan tidak adanya satu dari tiga jenis sel kerucut, terdiri dari:
  • Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna Merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang.
  • Deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap warna Hijau
  • Tritanopia untuk warna Biru
         3. Monokromasi
            Ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya   putih dan hitam pada jenis typical dan sedikit warna pada jenis atypical. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
             
           Buta warna dapat dites dengan tes Ishara dimana lingkaran - lingkaran berwarna yang beberapa diantaranya dirancang agar ada tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.
Contoh : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar