Selasa, 27 Desember 2011

Kimia Lingkungan


Analisis Kimia
Analisis Kimia terdiri dari :
1. Analisis Mikro
2. Analisis Makro
3. Analisis Nano ( Analisis sebuah atom)
4. Analisis Mikro
5. Analisis Fisik
6. Analisis Mekanik
7. Analisis Instrumental
8. Analisis Biologi
9. Analisis Termal (suhu)



Pemisahan Fisik
Pemisahan fisik bergantung pada perbedaan sifat fisik, seperti : Warna, Bentuk, Bau, Masa, Temperatur, Volabilitas (tekanan uap), Bentuk Bahan (Liquid, Solid, Gas, Aquos), Solubilitas, Ukuran, Titik didih, Titik Beku dll....
Kita dapat menggunakan perbedaan sifat fisik untuk memisahkan perbedaan bahan. “The matter is unchanged, it just can separate to the different matter”. “Bahan tidak akan berubah, itu hanya dapat dipisahkan ke dalam bahan yang berbeda”.

Octanol-Water
            Kita harus memahami konsep pemisahan oktanol dengan air saat dicampur karena itu dapat memberikan pelajaran bahwa kita dapat membuat akumulasi biologis untuk menetralkan bahan kimia berbahaya dan untukmenghindarkan itu dari lemak menjadi bagian dari tubuh.



Gravimetri
            Teknik yang pengaplikasiannya berdasarkqan penimbangan berat suatu zat. Gravimetri meluputi beberapa hal yakni :
            1. Persen solid.
            2. Loss on ignition (Penghilangan melalui Pembakaran).
            3. Presipitasi yang diikuti oleh proses Pengeringan dan Pernimbangan berat.

Destilasi
 Proses untuk memisahkan bahan dengan menggunakan teknik penyulingan (berdasarkan perbedaan titik didih). Dapat diaplikasikan dalam tabung destilator pada pengolahan gas minyak bumi. Sehingga bisa menghasilkan produk olahan minyak bumi yang beragam dan tepat guna.  


Kromatografi
            Cara untuk memisahkan material-material menjadi bentuk yang lebih sederhana.
       Contoh : Yang terjadi pada kertas yang sudah di beri tanda titik tinta hitam setelah dicelupkan air maka kertas yang semula hanya terdapat tanda berupa warna hitam , berubah menjadi berbagai macam warna yakni biru, hijau merah dan kuning. Ini merupakan contoh penerapan kromatografi sederhana, yang menunjukkan bahwa warna hitam pada kertas ternyata berasal dari gabungan berbagai warna (hijau,merah, kuning, biru).

Asap Kendaraan
            Prinsip yang meliputi pencemaran udara ini memerlukan analisis kimia lebih lanjut. Karena menganalisis partikel asap yang dihasilkan kendaraan akan sangat sulit. Karena untuk mendapatkan kandungan yang ada di dalam asap maka kita harus dapat ketahui dengan jelas zat-zat apa saja yang terkandung di dalamnya. Dalam aplikasinya penganalisaan terhadap asap kendaraan dapat menentukan tahap analisis lain yakni tingkat polusi udara yang ada di sekitar kita. “ Problem major in chemical analytic is you can analyize what you will find”. “Probel terbesar pada analisis kimia terletak pada apa yang dapat kamu analisa atas sesuatu yang kita cari”.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar